Featured Posts

[Anime][feat1]

First Impression: Hibike! Euphonium 2

Bulan Oktober kemarin, kisah perjuangan Kumiko Oumae (Euphonist), Kousaka Reina (Trumpeter), Midori Kawashima (Contrabassist) dan Hazuki Kato (Tubist) bersama Klub Brass Band Kitauji High menuju Kompetisi Nasional dimulai kembali.

Masih diproduksi oleh studio yang sama, Kyoto Animation (Suzumiya Haruhi no Yuuutsu, Hyouka, Chuu2byou), sekuel dari Hibike! Euphonium ini siap membuat anda ‘lemas’ karena mengalami eyegasm dan eargasm yang parah ketika menikmati audiovisual yang disajikan di anime ini.

 
Hibike! Euphonium 2 PV 

Fokus utama di season dua ini tentu saja adalah perjuangan klub brass band Kitauji untuk menjadi nomor satu di Jepang. Setelah sukses memenangi Kompetisi Regional Kyoto di seri prekuel-nya, kompetisi Kansai sudah menanti Kumiko Oumae dkk untuk melaju ke tingkat Nasional. Bagaimana perjuangan Kumiko dkk. menuju Kompetisi Nasional?

Best moment di prekuel-nya, pose setelah memenangi kompetisi regional!
Episode pertama tayang dengan durasi spesial, yakni 47 menit! (masih kuraaang!!!) Episode ini dibuka dengan sedikit foreshadowing di musim dingin, karena awal cerita di sekuel ini berlatar musim panas. Setelah itu, kita disuguhi performa ‘ucapan selamat’ dari Monaka, bagian klub yang beranggotakan member yang tidak ikut serta dalam kompetisi regional.

‘Ucapan selamat’ dari Natsuki dan Monaka.
Kemudian tentu saja tidak ketinggalan dengan daya tarik utama dari Hibike (bagi sebagian orang), Yuri bait-nya, Kumiko x Reina!

Ini sih belum seberapa...
Karakter baru pun mulai diperkenalkan, baik itu anggota klub yang sebenarnya sudah terlihat di prekuel (karakter minor) maupun karakter yang benar-benar baru muncul.

Mizore Yoroizuka, Kelas II.
Pertama, Yoroizuka Mizore, Kelas II, satu-satunya pemain instrumen Oboe di klub. Mizore ini merupakan karakter minor di season pertama (S1), namun menjadi karakter utama di S2. Melihat Mizore (kecuali fisik luarnya) mengingatkan saya pada karakter Nagato Yuki dari Suzumiya Haruhi no Yuuutsu. Setelah lurking di forum-forum diskusi di luar, ternyata bukan saya saja yang merasa demikian. Mungkin Mizore adalah Yuki dengan sedikit atribusi emosi di dalamnya XD

Nozomi Kasaki, Kelas II
Kedua, Nozomi Kasaki,  Kelas II, pemain Flute, mantan anggota klub brass band Kitauji. Di episode pertama ini, Nozomi memohon kepada Asuka (wakil ketua klub) untuk diterima kembali di klub. Cerita yang melatarbelakangi keluarnya Nozomi pun diceritakan di episode-episode berikutnya.


Lalu ada pembimbing baru yang dibawa Taki-sensei, Masahiro Hashimoto. Seorang musisi pro yang ternyata teman kuliah dari Taki-sensei. Karakternya mungkin berlawanan dengan Taki-sensei.
Lalu...


Lah kok cuman kakinya? Dari langkah kakinya saja sudah ketebak sosok seperti apa yang memiliki kaki indah tersebut..
.
.
.
.
.


Satomi Niiyama, pembimbing yang lagi-lagi dibawa oleh Taki-sensei untuk meningkatkan performa brass band Kitauji dalam menghadapi Kompetisi Kansai. Guru cantik ini nyaris saja menghancurkan hati seorang Reina Kousaka yang sudah diketahui dari season sebelumnya jatuh hati kepada Taki-sensei!

Reaksi Reina saat melihat Niiyama-sensei, GHAHAHAHA
Setelah perkenalan karakter-karakter baru di episode pertama, di awal episode berikutnya, para fanboy tidak tanggung-tanggung langsung disuguhi fan service! Berhubung latar ceritanya musim panas, skenario dimana anggota klub berenang pun memanjakan mata (tetep aja 3D>2D).

Kumiko yang ngiri liat Reina yang terlihat dewasa “luar dan dalam”
Fokus di episode dua ini, selain Nozomi,  adalah kamp musim panas yang digunakan klub untuk latihan.

Aula tempat latihan. KyoAni jangan ditanya soal detil.
Dan adegan yang paling mengambil perhatian saya di episode ini adalah:

Pertama, interaksi Kumiko dan Mizore. Sekilas mengingatkan saya pada interaksi Kyon dan Nagato Yuki, serius. Didukung dengan BGM yang hampir serupa ketika adegan ini, reaksi Kumiko yang gelisah dan Mizore yang ‘dingin’ benar-benar mengingatkan saya pada episode ke-3 Suzumiya Haruhi no Yuuutsu (yang Broadcast order). Sudut yang diambil pun nyaris sama (susah pokoknya ngasih buktinya). Mungkin karena beberapa staff Haruhi dulu dilibatkan juga dalam staff produksi Hibike S2 ini, seperti sutradara Tatsuya Ishihara.


Adegan lainnya yaitu tentu saja Kumiko x Reina yang sedikit curhat sebelum tidur.


Di episode tiga, kerinduan saya melihat dan mendengar brass band Kitauji latihan terbayarkan dengan memainkan Crescent Moon Dance.

Crescent Moon Dance!

Crescent Moon Dance di season 1 finale. Edit: Ternyata ini dari episode 5 season 2.

Crescent Moon Dance versi Senzoku College of Music.

Di saat latihan, akhirnya, kemampuan memainkan Eupho Kumiko yang mulai meningkat diakui oleh Taki-sensei. Kumiko dan Asuka akan memainkan bagian penting Crescent Moon Dance bersamaan!

Kumiko terkejut mendengar pengumuman dari Taki-sensei.
Fokus di episode 3 adalah, alasan Asuka menolak Nozomi untuk kembali ke klub dan konflik di antara teman-teman satu SMP Nozomi yang juga anggota brass brand Kitauiji, yakni Mizore, Yuko dan Natsuki. Episode ini ditutup dengan indah oleh permainan Eupho dari Asuka yang menyambut terbitnya mentari.


IMPRESI
Setelah menonton tiga episode awal (inget 3 eps rule), Hibike S2 ini memuaskan saya sebagai penikmat prekuelnya. Yang saya kurang sukai mungkin OP dan ED song yang tidak lebih enak dibanding OP dan ED di season pertama. Dream Solister yang dibawakan TRUE (OP S1) masih lebih mudah diinget soalnya. Soal visual jangan ditanya lagi. Mata benar-benar dimanjakan oleh artwork dan animasi yang benar-benar jaminan mutu dari KyoAni.  BGM sebenarnya ga ada yang menonjol, tapi karena ini anime bergenre musik, yang harus ditonjolin ya musik yang dibawakan oleh karakternya. Kemudian dari segi cerita sepertinya akan berisi konflik dan drama yang tidak kalah seru dari prekuelnya.

 Dream Solister by TRUE. Opening season pertama.

>LANJUT? >Y/N?
>Y
(dibikin seperti ini gara-gara Mizore yang ngingetin saya sama Yuki, haha)
Yes, tentu saja lanjut. Saat postingan ini diposting mungkin baru nyampe episode 6 dan dari episode 7-tamat kayaknya bakal ditumpuk dulu lalu ditonton maraton kemudian.
First Impression: Hibike! Euphonium 2 First Impression: Hibike! Euphonium 2 Reviewed by Kakikukico on Rabu, November 16, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar: